Hidangan Lezat, Jawa

MENJAJAL LEKKER SEMBARI WISATA KE SURAKARTA

Terkadang jalan-jalan keluar kota seharian itu perlu.

Beranjak dari kesibukan kota. Awalnya, saya berpikir untuk mengunjungi Solo atau Klaten atau sedikit lebih jauh seperti Semarang. Kemudian saya meminta seorang teman ke Solo bersama saya. Dia mau saja karena sudah lama tidak berkunjung ke Solo.

Kami naik kereta dari stasiun kereta Yogyakarta. Masih banyak kursi dan harga sesuai budget. Kereta berangkat tepat waktu. Sekitar 1 jam dan 10 menit kami tiba di Stasiun Kereta Solo Balapan.

Kami naik bus dari stasiun kereta ke pusat kota. Angkutan umum tidak semudah Yogyakarta. Beberapa kali kami harus bertanya karena tidak ada tanda yang jelas. Ditambah lagi tidak ada petugas yang membantu penumpang. Kami menunggu lama tanpa mengetahui nomor bus atau arah apa yang harus kami ambil. Apalagi angkutan umum lainnya juga berhenti di sini. Sangat membingungkan.

Akhirnya kami menemukan bus ke daerah Keraton Surakarta. Bukan bus kota biasa seperti Trans Jogja tetapi kurang lebih seperti bus antarkota.

Makan Siang

Sudah hampir tengah hari, kami sepakat untuk makan siang sebelum eksplore lebih jauh. Saya mendengar tentang sate kambing yang lezat dengan kombinasi pas dengan Tengkleng Solo. Tengkleng sebenarnya adalah sisa tulang dan daging yang diambil dari daging kambing. Kemudian dicampur dengan berbagai jeroan kambing seperti lidah, kuping dan daging lainnya masih menempel dengan tulang. Tampak seperti gulai kambing.

Kami berbagi makanan dan menikmati sampai kami kenyang.

Sembari membakar kalori, kami berjalan ke Keraton Surakarta. Selain tidak jauh, saya ingin melihat sebanyak mungkin tempat-tempat yang bersejarah.

Kami melewati Gerbang Gladag yang digunakan sebagai pintu masuk ke wilayah Keraton Surakarta dari utara. Dirancang dengan bentuk gerbang melengkung dan terbuat dari besi yang dihiasi dengan berbagai gambar game.

Di sisi kanan dan kiri, ada dua patung kembar raksasa yang disebut Reca Pandita Yaksa. Sebagai pengingat kepada manusia agar tidak takut terhadap godaan dan cobaan hidup. Beberapa pohon banyan ditanam di sisi kanan dan kiri Gladag Gate.

tiarapermata@solotrip

National hero Lieutenant Colonel Ignatius Slamet Riyadi. Seizing the City of Solo from the hands of colonialism.

Tengkleng cuisine is rich in flavor because it uses a lot of seasoning.

Lekker Snack. The ingredient is wheat flour, rice flour, tapioca flour, eggs, milk, and margarine.  Mixed with vanilla, baking powder, and sugar. In the past, Dutch people who lived in Solo loved this snack. That’s why it called Lekker that means delicious in Dutch.

Reca Pandita Yaksa

Market traders peddle their goods on the roadside. Temporary arrangements before new markets are ready.

Pasar Klewer

Ketika kami berjalan, teman saya mengatakan bahwa Pasar Klewer terbakar pada tahun 2014. Saya kecewa karena saya menantikan untuk melihat pasar tradisional ini. Saya suka pasar tradisional. Setiap kali saya mengunjungi kota dan negara, saya mampir ke pasar. Saya suka bau, hiruk-pikuk dan karakter pasar yang berbeda.

Pasar Klewer selama pendudukan Jepang berada di stasiun kereta. Pedagang berjualan batik dan semua jenis material yang ada hubungannya dengan batik. Kemudian Pasar Klewer dikembangkan pada 1942-1945 dan diperluas hingga 1968. Sekarang Pasar Klewer adalah pasar tekstil terbesar di Solo, Indonesia.

Saya melihat banyak pedagang menjual barang mereka di bawah Pohon Beringin. Pedagang batu permata, keris, pakaian tradisional, aksesoris wanita dan banyak lagi. Beberapa orang menyebarkan barang mereka di jalan dan banyak yang membuat kedai sementara. Solusi sementara sampai pemerintah selesai membangun kembali pasar baru.

Masjid Agung

Kami berjalan ke Masjid Agung Surakarta. Masjid di Lor Alun – Alun. Karena masjid adalah masjid agung kerajaan semua karyawannya adalah abdi dalem Keraton Surakarta. Mereka memiliki posisi dan peringkat yang berbeda.

Salah satu ciri masjid ini adalah jam matahari untuk menentukan waktu sholat. Sementara saya menunggu teman, saya berjalan di luar masjid dan mengambil beberapa foto.

tiarapermata@solotrip

Formerly this mosque was named Masjid Ageng Keraton Hadiningrat. Located in the North Square, the Surakarta Palace has an important position in the spread of Islam in Solo. Surakarta Grand Mosque was built by Pakubuwono III. The king is not only the highest authority in government as well as a religious broadcaster.

tiarapermata@tripsolo

Front gate from the inside courtyard.

Keraton

Tidak lama teman saya selesai berdoa, kami bertemu di gerbang keluar. Kami berjalan menuju Keraton Surakarta. Meskipun perjalanan ke keraton cukup singkat, kami berjalan di bawah terik matahari. Selain itu tidak ada trotoar pejalan kaki, kami harus ekstra hati-hati melangkah di jalan kecil nan padat.

Kasunanan Surakarta bergabung dengan Republik Indonesia sejak 1945. Meskipun istana menjadi daya tarik wisata utama, kehidupan Sri Sunan dan istana seperti biasa. Mereka masih melakukan semua tradisi dan ritual kerajaan lama.

Beberapa bagian dari kantor urusan rumah istana berubah menjadi sebuah museum. Kompleks Kadipaten atau Panti Pangarsa. Sekarang museum memamerkan berbagai koleksi milik Kasunanan. Ada hadiah yang diberikan oleh raja-raja Eropa, replika pusaka istana dan gamelan.

Pengunjung juga menikmati fragmen candi yang ditemukan di Jawa Tengah. Juga dipamerkan berbagai jenis peralatan memasak. Belum lagi berbagai senjata kuno yang digunakan oleh keluarga kerajaan serta peralatan seni.

Museum ini juga memamerkan kereta kerajaan dan berbagai jenis tandu. Saya tidak pernah melihat sebelumnya begitu banyak tandu yang dipamerkan. Ukuran, bentuk, dan penggunaan berbeda. Namun semua berwarna coklat, terang atau gelap.

Terdapat sebuah halaman di tengah-tengah museum dengan berbagai patung gaya Eropa. Ada juga kayu jati dari Hutan Danalaya dan Sumur Kakipaten atau Sumur Sanga.

Kami beristirahat sejenak sambil menikmati suasana museum. Kami duduk di luar dan nonton orang lewat. Tapi kita tidak bisa berlama-lama di sini. Selain kami harus mengejar kereta terakhir, kami tidak mengerti sistem transportasi. Kami tidak tahu bus mana yang yang membawa kami kembali ke Stasiun Solo Balapan.

Singkat cerita, setelah bertanya di sekitar kami tiba di stasiun kereta. Kami sangat lega tetapi perasaan itu tidak lama. Sudah ada antrean panjang, seperti ular.

Ternyata tiket kereta api ke Yogyakarta sudah habis. Ada dua pilihan yang bisa kami putuskan naik kereta yang lebih mahal atau antre untuk kereta kelas ekonomi berikutnya. Tidak ada jaminan bahwa kami akan mendapatkannya. Banyak orang mengalami kisah yang sama seperti kita. Beberapa bahkan antri berjam-jam tetapi harus antri lagi untuk naik kereta berikutnya.

Kami harus kembali ke Yogyakarta, jadi kami naik kereta yang mahal.

Kereta berangkat dari Solo Balapan Station ke Yogyakarta dalam waktu 25 menit. Ketika kami sampai di Stasiun Yogyakarta, kami mengucapkan selamat tinggal dan naik dengan bus yang terpisah kembali ke rumah kami. Hari yang luar biasa. Menikmati hari yang indah bersama seorang teman baik.

tiarapermata@tripsolo

Facebook Comments

Pos ini juga tersedia dalam bahasa: English