Amsterdam, Pasar

ALBERT CUYP MARKET DI AMSTERDAM

Saya selalu suka berjalan-jalan ke pasar kemanapun bepergian.

Pasar ini termasuk paling besar di bandingkan dengan pasar lain yang saya kunjungi di Amsterdam. Dipenuhi dengan ratusan kios dengan segala macam rupa barang. Buah segar, bunga, tanaman, ikan, rempah-rempah dan sayuran. Keju dengan berbagai ukuran dan rasa. Campur baur dengan kios yang menjual taplak meja, tempat tidur, koper, jaket musim dingin, tembikar, lukisan, tekstil, perhiasan dan banyak lagi.

 

tiarapermata@albertcuptmark

 

tiarapermata@albertcuptmark

Albert Cuyp located very close to Heineken Experience and The Rijksmuseum.

 

tiarapermata@albertcuptmark

Cool market to visit if looking for things to do in Amsterdam. You can just browse to textile booths, food vendors, flowers, or other shops.

 

tiarapermata@albertcuptmark

Majority of the market is for clothes, shoes, fake jewelry and souvenirs. The place is busy.

 

Padat.  Semrawut tapi tertata rapi. Nyaman.

Kata ‘pasar’ tidak berhenti dengan berbagai produk segar dan tradisional, tapi juga produk dari luar negeri. Produk yang berasal dari penghuni kota seperti Turki, Maroko, Suriname dan banyak lagi.

Saya membawa pulang ke Indonesia tidak hanya souvenir seperti gantungan kunci atau magnet lemari es tapi saya juga ingin membawa panganan otentik dari Belanda.

Saya membeli dua paket stroopwafel dari pasar ini. Langsung dibuat ditempat. Saya belum pernah melihat sebelumnya. Sirup hangat menetes dari stroopwafel menggoyang lidah yang lapar. Saya juga mencoba banyak sampel keju sebelum memilih yang mana yang saya sukai. Saya memilih keju dengan rasa cabai. Lain dari yang lain. Masih banyak lagi jenis yang berbeda dengan selera tradisional.

Lalu aku membeli metworst. Ini adalah sosis khas Belanda yang dikeringkan dengan udara. Sosis tradisional yang dikenal sebagai makanan orang miskin di Belanda. Beberapa memiliki rasa cengkeh yang kuat, dampak perdagangan dengan Indonesia berabad-abad yang lalu.

 

tiarapermata@albertcuptmark

A lively Dutch market where Amsterdam people do there weekly shopping.

 

tiarapermata@albertcuptmark

 

tiarapermata@albertcuptmark

 

Pasar Albert Cuyp telah ada sejak 1905 di tengah lingkungan De Pijp. Pasar  tersibuk di seluruh Belanda dan merupakan pasar siang hari terbesar di Eropa.

Jika adik perempuan saya tidak berjalan ke bagian belakang kios, saya tidak akan pernah tahu ada toko. Banyak toko mulai dari supermarket, butik, kafe, restoran, barang buatan tangan (sabun, souvenir, dll.) dan masih banyak lagi. Modern dan gaya lama. Bahkan ada restoran dan bar bergaya etnik yang populer di balik kios pasar.

Saya bertemu dengan seorang pemilik toko kulit dari Jakarta. Dia telah tinggal di Amsterdam selama lebih dari 20 tahun. Saya membeli jaket. Hari ini cuaca suram, gerimis dan dingin membawa angin kencang dari waktu ke waktu.  Saya memakai jaket baru saya dan berjalan keluar toko lebih bersemangat untuk mengembara dari kios ke kios.

Pasar tidak hanya menarik pembeli biasa tapi juga pengunjung yang hanya melihat-lihat, turis (seperti saya!) dan pembeli yang mencari barang yang murah dan berkualitas.

 

tiarapermata@albertcuptmark

 

tiarapermata@albertcuptmark

The market has a multicultural feel such as Surinamese, Antillean, Turkish, Pakistani, Indian and Moroccan origin. There are many ethnic restaurants in that area.

 

tiarapermata@albertcuptmark

 

Saya datang lagi dan lagi ke tempat ini karena selalu ada sesuatu yang baru. Apalagi pada hari Sabtu saat tempat itu penuh sesak dengan pembeli. Saya merasa lebih mudah berkeliaran dari satu kios ke kios lain tanpa merasa canggung tidak membeli apapun.

Jika memungkinkan saya bisa melakukan ini berjam-jam minus cuaca dingin.

Jika saya perlu istirahat, saya berjalan keluar pasar. Saya pergi ke salah satu kafe atau restoran yang mengelilingi Pasar Albert Cuyp. Saya beristirahat dan minum secangkir kopi. Beberapa kafe memiliki tempat yang strategis untuk nonton orang lalu-lalang.

Hal lain yang bisa saya lakukan berjalan menuju ke taman terdekat. Lega rasanya berjalan-jalan ditempat yang sepi, istirahat dari tempat yang ramai. Berjalan-jalan lebih lama jika cuaca memungkinkan.

Lalu saya kembali ke Albert Cuyp Market. Saya tidak punya masalah pulang dengan tangan hampa setelah berjalan berjam-jam. Mau bilang apa lagi, saya hobi banget jalan-jalan ke pasar.

 

tiarapermata@albertcuptmark

 

tiarapermata@albertcuptmark

Albert Cuyp Market is a street market regarded as the largest street market in Europe. It’s named after Albert Cuyp, a 17th Century artist.

 

tiarapermata@albertcuptmark

 

tiarapermata@albertcuptmark

 

tiarapermata@albertcuptmark

 

 

Facebook Comments

Pos ini juga tersedia dalam bahasa: English