Amerika Serikat, Perjalanan Darat

CALIFORNIA ZEPHYR: LEGENDA PERJALANAN KERETA AMTRAK

Salah satu impian saya tercapai.

Naik kereta melintasi USA.

Perjalanan darat dari Pantai Timur ke Pantai Barat tidak lengkap tanpa perjalanan kereta api. Awalnya saya ragu untuk pergi dengan bus atau kereta api. Megabus hanya menghabiskan biaya $ 15 tapi perjalanan kereta api jarak pendek ini adalah $ 54. Akhirnya saya putuskan untuk membeli tiket kereta.

Perjalanan yang setimpal.

California Zephyr adalah salah satu perjalanan kereta terindah di Amerika Utara. Legendaris. Pecinta kereta tidak henti – hentinya mengagumi dan memuji betapa indahnya perjalanan kereta ini.

Perjalanan dimulai dari Chicago dan berakhir di San Francisco atau sebaliknya setiap hari. Melintasi dataran Nebraska ke Denver, menyeberangi Rockies ke Salt Lake City, dan kemudian melalui Reno dan Sacramento ke Emeryville/San Francisco.

Saya naik kereta rute terakhir dari Reno ke Emeryville.

Meskipun perjalanannya singkat, Reno ke Emeryville, saya sangat menikmati setiap menitnya. Kereta melewati tempat – tempat dengan pemandangan yang indah:

  • Sungai Truckee
  • Danau Donner
  • San Pablo Bay
  • Selat Carquinez

Saya naik taksi dari Spark ke Reno Station pagi hari sekitar jam 7. Kereta terlambat hampir dua jam. Saya bersyukur kemarin membeli beberapa roti jadi saya sarapan sambil menunggu.  Ketika kereta tiba, penumpang bergegas mencari gerbong kereta masing – masing. Konduktor membantu menaruh barang bawaan saya di tempat penyimpanan.

 

tiarapermata@renoamtrak

Reno Amtrak Train Station.

 

tiarapermata@renoamtrak

 

tiarapermata@usa

 

tiarapermata@renoamtrak

 

Sungai Truckee

Setelah kondektur memeriksa tiket penumpang, saya langsung menuju gerbong observatorium. Saya berhenti di gerbong yang masih kosong untuk mengambil beberapa gambar. Cuaca sangat cerah. Sulit untuk mendapatkan gambar bagus tanpa cahaya silau.

Setelah puas saya menuju gerbong observatorium. Banyak kursi terisi. Tidak mengejutkan karena rute terakhir ke California berlimpah dengan pemandangan yang luar biasa.

Harta terpendam dari California Zephyr adalah rute antara Reno dan Sacramento melalui High Sierra. Kamera saya tanpa henti mengabadikan setiap momen.

Saya duduk di samping pasangan Irlandia yang datang khusus ke Amerika Serikat untuk berwisata kereta dari Timur ke Pantai Barat dan kembali ke Pantai Timur.

Sepanjang tepi sungai dihiasai salju yang belum mencair. Hutan pinus hijau nan subur. Kereta berlahan menyusuri sungai dan disebelah kanannya jalan bebas hambatan yang sibuk. Air sungai Truckee berbuih putih berlomba – lomba melewati bebatuan, gunung dan lembah.

 

tiarapermata@renoamtrak

 

tiarapermata@renoamtrak

 

tiarapermata@renoamtrak

 

tiarapermata@renoamtrak

 

Danau Donner

Cuaca berubah sebelum kereta mencapai Danau Donner.

Hujan turun tapi tidak deras. Panorama berubah dari hutan hijau dengan langit biru menjadi putih salju dengan langit kelabu. Sangat romantis.

Kejutan lain ketika seorang pemandu memberikan ulasan tentang pemandangan dan sejarah di sepanjang jalan. Perjalanan Amtrak lainnya yang saya tempuh tidak memberikan panduan seperti kereta api ini.

Danau Donner adalah danau air tawar di Northeast California di lereng Sierra Nevada. Danau yang terletak di Kota Truckee. Danau dan celah ini dinamai sesuai dengan Kelompok Donner yang terkenal itu.

Ada cerita sedih dan mengerikan di balik nama Danau Donner. Sekelompok pelopor dinamai Donner, ingin menjalin kehidupan lebih baik di California. Mereka harus menaiki gerobak melintasi pegunungan Sierra Nevada.

Kelompok Donner pada November 1846 menemui rute mereka tertutup salju. Terpaksa mereka menghabiskan musim dingin di pegunungan. Hanya 45 yang selamat dari keseluruhan 81 orang pemukim. Beberapa dari mereka harus beralih ke kanibalisme untuk bertahan hidup.

Dimana-mana warna putih. Air hujan turun di jendela kereta. Seperti kartu Natal. Pemandangannya mempesona di kanan dan kiri gerbong observatorium.

Sering kali saya menahan napas ketika membidik kamera saya. Kereta bergerak perlahan di sepanjang lekukan tebing gunung yang terjal. Salju menutupi seluruh area hutan pohon pinus yang mengelilingi Danau Donner. Misterius.

Saya ngeri menyaksikan betapa curam dan tajamnya bebatuan disepanjang tebing. Saya membayangkan betapa tersiksanya Donner Party yang bermimpi hidup nyaman di California tapi terjebak cuaca yang tidak kenal ampun.

“Sangat indah.” saya menghela nafas dan berujar kepada wanita Irlandia di sebelah kanan.
“Kenapa?” Dia menatapku dengan rasa ingin tahu.
“Indah, bukan?”
“Saya tidak tahu. Saya takut ketinggian”. Dia menatap saya tanpa melihat ke jendela.
Saya baru sadar bahwa dia mengubah posisi duduknya. Dia melihat ke arah lain dengan membelakangi saya.
“Benarkah??”.
Dia hanya tertawa dan kembali ke posisi semula sementara suaminya sibuk memotret dengan telepon dan kamera.

 

tiarapermata@renoamtrak

Donner Lake

 

tiarapermata@renoamtrak

 

Donner Pass

The Transcontinental Railroad di Donner Pass menghubungkan California dengan negara bagian timur. Proyek ini selesai dibangun pada tahun 1869 yang direkayasa oleh Central Pacific Railroad.

Pemandu kereta api di gerbong observatorium menceritakan sejarah terowongan yang melintasi Sierra Nevada lebih 7056 kaki Donner Pass. The Summit Tunnel adalah terowongan sepanjang 1659 kaki ditambah dengan empat terowongan, ditambah dengan snow shed yang panjangnya bermil-mil dan masih ada lagi China Walls. Pembangunan yang paling ambisius.

Pekerja China mempertaruhkan nyawa mereka untuk menciptakan The Summit Tunnel dengan bor tangan dan bubuk hitam.

Hujan deras saat kereta melewati Sungai Truckee. Kereta api meluncur perlahan di lereng gunung terjal yang dihiasi pohon cemara.  Salju, warna putih bertengger disebagian besar pepohonan dan terhampar di tanah yang berbukit – bukit.

Kereta tertatih tatih menyusuri tebing yang panjang dan berkelok – kelok.

 

tiarapermata@renoamtrak

 

tiarapermata@renoamtrak

 

Yang paling menantang adalah melawan salju musim dingin. Kereta dilindungi oleh snow shed dari salju longsor. Pada awalnya saya tidak mengerti apa yang dimaksud dengan snow shed sampai saya mencari di Google. Terowongan kayu yang luas yang dibangun di sepanjang jalur melindungi jalur kereta dari salju yang longsor selama musim dingin.

Saat ini banyak snow shed dari kayu diganti dengan terowongan beton dan baja. Kemudian The Summit Tunnel digantikan oleh Mount Judah Tunnel pada tahun 1925.  Setelah bagian ini saya tidak lagi mendengarkan ulasan guide. Saya lebih memperhatikan pemandangan diluar kereta.

Saya terbuai.

Seperti kartu pos Natal. Suasana serasa lebih dramatis dan romantis dengan air hujan yang membasahi jendela kereta. Langit kelabu, warna hijau dari pohon pinus kontras dengan warna putih salju.

Setelah kereta melewati Sierra Nevada di Donner Pass dan melintasi Donner Lake, akhirnya mencapai daerah dataran rendah California Central Valley dan San Pablo Bay.

 

tiarapermata@renoamtrak

 

tiarapermata@renoamtrak

 

tiarapermata@renoamtrak

 

Saya kembali ke tempat duduk. Teman sebangku saya sudah turun di Sacramento. Hujan berhenti tapi awan gelap masih tebal. Setelah melewati Sacramento dan Davis, kereta melintasi Jembatan Benicia dan melakukan dua pemberhentian di Martinez dan Richmond. Perjalanan terakhir adalah Emeryville, pinggiran kota Oakland.

Karena saya akan tinggal di Oakland, saya tidak menggunakan sistem transportasi antar jemput gratis ke BART (Bay Area Rapid Transit). Saya turun dan memesan taksi.

 

tiarapermata@amtrakrenotrain

 

tiarapermata@amtrakrenotrain

 

 

 

Facebook Comments

Pos ini juga tersedia dalam bahasa: English