Amsterdam, Hidangan Lezat

DARI HERRING MENTAH SAMPAI INDONESIAN RIJSTAFEL

Saya travel bukan semata-mata untuk kuliner tetapi mencicipi makanan adalah bagian dari mengenal budaya setempat.

Makan Ikan Herring di Handelharring

Saya melihat gerobak herring atau haringhandels di beberapa tempat di Dam dan sekitarnya. Disajikan dengan bawang mentah cincang. Pada awalnya saya tidak yakin bagaimana rasanya.  Saya suka makan sushi tapi saya tidak yakin dengan pengalaman makan herring pertama kali. Jadi saya memesan broodje haring, ikan herring disajikan dengan roti, acar dan bawang cacah. Tidak seburuk yang saya pikir setelah saya mencicipinya. Pria di samping saya memesan herring iris dan memakannya dengan tusuk gigi.

Sebenarnya cara makan herring adalah dengan memegang ekor, mendongakan kepala, perlahan memasukan ikan ke dalam mulut sambil menggigit. Ketika herring ditangkap, nelayan membersih sebagian saja, ditaburi garam dan dibekukan selama beberapa hari. Kemudian penjual membersihkan keseluruhan dan mempersiapkan untuk di nikmati oleh pembeli di gerobak.

 

tiarapermataamsterdam

 

Bitterballen

Gorengan berbentuk bola kecil dilapisi dengan remah roti. Di dalam bitterbal adalah campuran daging sapi, mentega dan tepung untuk mengentalkan dan rempah-rempah. Makanan ringan favorit orang Belanda digabung dengan bir. Hampir setiap kafe, bar dan restoran memiliki ini di menu mereka.

 

food at amsterdam

Be careful!! Cool it off before eating it. HOT stuff.

 

Poffertjes

Pancake mungil  terbuat dari tepung soba dan ragi. Disajikan dengan mentega dan gula bubuk. Kadang-kadang penjual menambahkan dengan topping lainnya seperti whipped cream, sirup dan stroberi.

 

food at amsterdam

Smelt wonderful

 

food at amsterdam

It’s a perfect snack during cold weather. It’s raining and windy at the Museumplein.

 

Stroopwafel

Wafel yang sekeras cookies dan lengket. Dua lapisan wafel tipis diisi dengan sirup lengket. Seorang tukang pembuat roti pada akhir abad ke-18 menggunakan bahan-bahan sisa seperti remah-remah roti dan sirup. Saya membeli beberapa paket kecil untuk souvenir dimakan dari Albert Cuyp Street Market.

 

Kentang Goreng

Lebih tebal dari ukuran kentang goreng yang biasanya. Perbedaan antara kentang goreng reguler dan kentang goreng versi Belanda adalah topping yang bermacam – macam. Mayones, saus tomat, saus kari , saus kacang dan masih banyak lainnya. Kadang-kadang saya melihat penjual juga menggabungkan dengan bawang cincang mentah.

Banyak penjual goreng kentang goreng tapi yang paling terkenal adalah penjual di Dam disebut Vlaams Friteshuis Vleminckx. Mirip dengan kentang goreng yang kami beli di Brussel. Penjual menawarkan 25 jenis topping dari mayones, saus apel, bawang mentah cincang, saus kacang sampai ke sambal (Indonesian hot sauce).

 

food at amsterdam

 

food at amsterdam

 

Sup Wonton

Amsterdam tidak hanya terkenal dengan makanan dan makanan ringan asli Belanda tetapi juga dari benua lain. Salah satu yang terbaik dan favorit saya adalah sup pangsit disajikan dengan kecap dan cabai cincang. Lezat!!.

Hampir setiap kali setelah selesai kebaktian gereja pada hari Minggu, kami berjalan ke salah satu restoran Cina di Nieuwmarkt dekat Red Light District. Saya benar-benar lupa nama restoran yang memiliki sup wonton paling lezat ini.

Sup wonton di jual dengan porsi kecil atau besar. Biasanya kami pesan porsi besar kemudian dibagi dalam mangkuk kecil. Kami hanya memesan wonton sup tanpa mie. Cukup mengenyangkan. Hidangan lain di restoran hampir mirip dengan masakan Cina lainnya dari restoran lainnya. Satu-satunya hidangan yang adiktif adalah sup wonton ini.

 

food at amsterdam

China town

 

Amsterdam Chinese Town

 

food at amsterdam

Chinatown Buddhist Temple of Zeedijk (Fo Guang Shan He Hua Temple) in the heart of Chinatown.

 

de taart van m’n tante

Berarti ‘my aunt’s cake’ dalam bahasa Inggris. Toko yang hanya menyajikan jajanan. Tempat yang menyenangkan untuk menikmati segelas teh and sepotong kue. Teman saya membawa saya di sini setelah belanja di pasar jalanan Albert Cuyp. Saya terpesona dengan dekorasi yang  lucu dan warna-warna cerah. Bahkan kue memiliki dekorasi yang warna-warni. Kami tinggal selama mungkin terutama ketika cuaca mendapat berangin dan hujan.

 

food at amsterdam

 

food at amsterdam

 

food at amsterdam

 

Rijstaffel Indonesia

Masakan Indonesia juga memiliki pengaruh yang kuat pada masakan Amsterdam. The rijstaffel (tabel beras) adalah beragam masakan dari seluruh Indonesia disajikan dengan piring-piring kecil.

Ketika saya bekerja sebagai perencana acara di Bali, saya menawarkan jenis menu untuk klien. Presentasi makanan penuh selera dari seluruh Indonesia.

Jenis hidangan yang tidak umum di restoran baik di Bali atau Indonesia. Di masa lalu Indonesia diperkenalkan kepada kolonial melalui berbagai makanan dari seluruh nusantara. Tradisi ini tidak pernah mati.

Ada berbagai jenis makanan:

  • Rendang
  • Telur balado
  • Krupuk udang
  • Cah sayur
  • Kentang goreng
  • Serundeng
  • Nasi putih
  • Satay
  • Pisang goreng

 

food at amsterdam

 

food at amsterdam

Meat ball for lunch at one of the small café near The Dam Amsterdam.

 

Masakan disajikan dalam piring-piring kecil di atas penghangat makanan. Pengalaman yang berbeda bagi saya sebagai orang Indonesia. Nikmat rasanya makan malam bersama keluarga dan teman.

Dengan catatan lain, masih banyak restoran Indonesia di Amsterdam. Saya mencoba beberapa hidangan dari restoran yang berbeda dan saya suka semua. Pemiliknya adalah generasi keluarga dari seluruh Indonesia yang pindah ke Amsterdam bertahun-tahun yang lalu.

 

Facebook Comments

Pos ini juga tersedia dalam bahasa: English