Hutan & Taman, Normandi

MISTERI PULAU BERBATU YANG KHIDMAT DI PERANCIS

Saya tidak pernah berangan-angan mengunjungi tempat megah ini. Dalam daftar saya adalah Menara Eiffel, Venice, Roma, Barcelona dan banyak lagi.

Tidak pernah tempat ini. Saya tidak tahu bahwa Mont-Saint-Michel adalah salah satu situs paling luar biasa di Eropa. Bahkan dari jauh saya terkagum – kagum dengan biara yang menakjubkan dan mempesona ini.

Saya merasakan sensasi petualangan ketika kami semakin mendekat dan lebih dekat ke Mont Saint Michel. Saya tidak pernah dengar sebelumnya, adik saya bilang ini adalah tempat kedua setelah Menara Eiffel di Paris.

Wow.

Gunung suci ini adalah World Heritage Site UNESCO pada tahun 1979, tempat ziarah  bagi pemeluk agama Kristen dan biarawan dalam mencari pengasingan sejak abad keenam.

Uskup Avranches setempat diperintahkan oleh Archangel Michael untuk membangun sebuah gereja kecil pada 16 Oktober 709 di Mont Tombe (nama asli dari Mont Saint Michel). Kemudian Duke of Normandie meminta Komunitas Benedictus menetap di atas pulau batu ini.

Dimulai pada Abad Pertengahan, peziarah dari seluruh dunia datang untuk menghormati St.Michael di biara ini. Kemudian gereja pra-Romawi dibangun sebelum tahun seribu.

Biara gereja dan biara berevolusi dari abad ke-11 sampai abad ke-15. Menjadi pusat pusat spiritual dan intelektual selama hampir seribu tahun. Selama Revolusi Perancis, para biarawan diusir dan biara diubah menjadi  penjara sampai 1864.

The sight of the distant silhouette of the Gothic island-abbey Mont St-Michel send tired sightseers spirits soaring today just as it did the spirits of weary pilgrims in centuries past.

tiarapermatafrance

Pulau dikelilingi oleh lahan kering di zaman prasejarah. Ketika permukaan air laut naik, menurunkan landskap pesisir dan kemudian leucogranite (batuan padat yang mendukung bumi di atasnya) muncul di permukaan. Batuan padat ini adalah bagian yang terkuat dan mampu menghalang hempasan air laut dibandingkan batuan lainnya.

Pulau ini dalam kondisi kritis karena pasir atau tanah terkikis oleh air yang mengalir dari pertanian sekitar dan pembangunan jalan lintas ke biara ini . Banyak upaya skala besar untuk memastikan agar Mont Saint Michel Bay kembali ke karakter aslinya.

Kemungkinan besar mengemudi adalah cara termurah dan termudah untuk mengunjungi Mont Saint-Michel. Kami melaju melewati bermil-mil dari ladang jagung. Sekali waktu kami berhenti untuk mengambil photo biara dari jauh. Ketika kami sampai di lokasi, kami parkir di tempat parkir pengunjung.

Saya yakin antrian untuk memasuki tempat parkir akan sangat panjang pada musim turis. Jauhnya 1,5 mil dari biara, kami harus berjalan dan naik shuttle bus. Kami menggunakan jaket dan syal kami sebelum meninggalkan parkir untuk pengunjung. Kadang-kadang matahari muncul dan langit cerah. Beberapa menit kemudian langit gelap dan seolah-olah akan hujan lebat. Untungnya tidak ada hujan, meski cuaca semakin dingin dan berangin kencang.

Kami menuju ke Pusat Informasi Wisata, setengah mil dari tempat parkir, di mana kita membeli tiket masuk. Shuttle bus, Passeurs, tidak jauh dari Pusat Informasi Pariwisata membawa kami ke Tidal Island (pulau pasang surut) . Berhenti sekitar 500 meter dari pulau. Shuttle bus beroperasi setiap hari dari 07:30 sampai tengah malam. Pengunjung dapat berjalan dari tempat parkir ke biara. Mengamati pulau mengesankan yang berbatu saat mereka mencapai Mont-Saint-Michel.

Mont St Michel

Before we took the shuttle bus, we had lunch at one of the local cafes. I ordered mussels with fried potatoes as the side. Love it.

tiarapermatadaretodream

Berabad-abad lalu banyak peziarah yang memberanikan diri melawan alam. Mereka berusaha untuk menyeberang mudflat (tanah datar dekat laut yang tertutup dengan air pada saat pasang) ke biara. Mereka harus hati-hati karena air pasang datang dalam hitungan detik dan tiba-tiba menutupi seluruh area. Peziarah harus waspada agar tidak tenggelam pada waktu air pasang. Tidak hanya mudflat, mereka harus waspada dengan lumpur yang dalam, pasir dan kabut di sekitar mudflat tersebut.

Saat ini banyak peziarah atau wisatawan masih melakukan ini, menyentuh kaki mereka ke dalam pasir hitam dan genangan lumpur. Cara terbaik adalah menyewa pemandu berpengalaman dan memperhatikan dengan seksama kapan pasang dan surut.

Langit biru dan cerah 10 menit sebelum kami naik di bus. Ketika kami turun (kurang dari 3 menit perjalanan) menjadi abu-abu. Saya pikir hujan akan tercurah tapi kami selamat sampai  selesai tur.

Mont St. Michel

Pilgrim or tourist are hiring an experienced guide to experience pilgrim hundred years ago.

Biara Mont-Saint-Michel di atas pulau yang dikelilingi oleh desa. Selama tengah hari, Mont St-Michel menjadi daerah wisata. Beruntung kami tidak mengalami kerumunan yang padat. Tidak ada kemacetan lalu lintas manusia. Kami berjalan santai dari satu jalan ke jalan lain, dari gang ke tangga hingga biara. Setiap jalan ramai dengan toko-toko, butik, bistro, losmen, restoran dan tempat wisata.

Menjelajahi kapel desa, tempat tinggal orang lokal dan pemakaman. Mengintip bagian dalam bangunan atau situs di sekitarnya. Saya membayangkan di abad pertengahan, desa ini penuh toko-toko yang menjual souvenir, lilin dan makanan untuk para peziarah.

Kami berjalan melalui route satu arah menuju biara. Menaiki ratusan anak tangga. Tidak heran beberapa wisatawan tidak mampu berjalan sampai pintu masuk biara karena perjalanan yang melelahkan menuju ke puncak.

Village around Monastery

Village Chapel

tiarapermata@montstmichel

Saya pernah ke banyak biara atau gereja di Eropa, biara ini membuktikan bahwa saya belum melihat semua. Hidup di pulau yang sangat terpencil, tanpa furnitur atau ornamen dalam setiap ruang. Hidup biarawan benar-benar terisolasi dan tanpa kenyamanan hidup.

Kami berjalan dan menjelajahi melalui labirin koridor, tangga, dan terowongan yang terhubung ke ruang megah. Setiap kamar memiliki fungsi khusus untuk biara. Satu-satunya pilihan untuk membangun di pulau berbatu kecil itu adalah naik ke atas.

Mont-Saint-Michel biara dibagi menjadi dua bagian: gereja  dan Merveille (tempat tinggal biarawan):

Pintu masuk dari Mont Saint Michel

• Salle des Gardes atau Belle Chaise sebagai Merveille (Marvel). Ruang tinggal biarawan: Sisi Timur memiliki tiga kamar: kapel, tempat tinggal dan ruang makan.
  • Sisi Barat memiliki tiga kamar: wine cellar, ruang untuk para ksatria.

Lantai paling bawah

• Besar ruang dengan banyak column (Aumonerie) yang merupakan asrama bagi para peziarah miskin.
  • Cellier (cellar)

Lantai pertama

• Salle des Hôtes, ruang resepsi untuk tamu terhormat.
  • Salle des Chevaliers (Knights ‘Hall), kemudian ruang kerja para biarawan Benedictus.
  • The Crypte des Gros Piliers.
  • Gereja pra-Romawi dari Notre-Dame- sous-Terre, asli gereja-biara ditemukan kembali pada akhir abad ke-19.

Lantai kedua

• Refectory, kemudian digunakan sebagai asrama (di Salle des Hôtes).
  • Biara di tengah taman abad pertengahan dengan kolom granit anggun dalam dua baris. Awalnya meditasi tempat untuk biarawan.

Mont St. Michel

Saint Michael, statue decorates at the top of the abbey’s spire, became the patron saint of the abbey

tiarapermatamontstmichel-28

tiarapermatamontstmichel

tiarapermata@montstmichel

Giant wheel at Mont St Michel

Left side picture: Installed when the abbey turned into a prison to bring supplies. Some prisoners walked inside the wheel. Then it was used until the 19the century to hauls stone and supplies during the renovation.

Perjalanan yang luar biasa dan menarik. Saya tidak mengharapkan ini dan masih bertanya-tanya bagaimana tempat ini bertahan dari alam dan kesalahan manusia.

Dengan langit suram dan abu-abu sebagai latar belakang membuat biara lebih ajaib dan misterius.

Catatan:

Cerita ini berdasarkan pengalaman saya pada tahun 2012. Mungkin ada perkembangan atau perubahan sesudah cerita ini ditulis. Jika anda ingin melakukan perjalanan, carilah  informasi yang terkini.

Facebook Comments

Pos ini juga tersedia dalam bahasa: English