Catalonia, Hutan & Taman

BLACK MADONNA SPEKTAKULER DAN BOYS CHOIR DI MONSERRAT

Jalan panjang dan berliku ke Montserrat begitu mempesona dan indah. Kami melaju di sepanjang jalan sempit dengan bukit batu raksasa.

Gunung Montserrat berarti gunung gergaji dalam bahasa Catalan. Seperti raksasa tidur ratusan tahun. Monserrat adalah taman nasional pertama di Spanyol. Saya tidak berharap bahwa perjalanan begitu menyenangkan dan lancar. Kami menikmati jalan yang memikat dan penuh seni di Spanyol. Lalu lintas tidak terlalu ramai ketika kami melaju dari Barcelona ke Montserrat di pagi hari. Rumah retret biarawan Benediktus di Montserrat menyajikan pemandangan gunung paling spektakuler di Catalunya.

Saya melakukan beberapa riset kilat sebelum kami pergi. Ada begitu banyak hal yang dapat dilakukan. Trekking ke Sant Joan, menghormati Black Madonna dan menghadiri resital paduan suara. Begitua banyak hal untuk dilihat dan dilakukan tetapi begitu sedikit waktu.

tiarapermata@monserrat

Pertama-tama kami harus memarkir mobil. Agak rumit karena jalan sempit untuk dua arah dengan banyak mobil masuk dan keluar. Hari itu bukan akhir pekan atau musim ramai. Menyenangkan. Sepi dari pengunjung. Kami berhasil mendapatkan tempat parkir kurang dari satu jam. Kami berjalan ke gerbang biara sambil menikmati pemandangan disekitar yang luar bisa.

Akhirnya kami berhasil sampai ke Benedictine Monestir de Montserrat, tempat bersemayam Black Virgin. Pemandangan Montserrat yang dramatis dari bawah gunung dengan lembah hijau menuju ke puncak gunung suci.

Santa Cova de Montserrat or Holy Cave of Montserrat – Legend said that two young shepherds observed a great light descend from heaven and settle halfway up the mountain of Montserrat.

tiarapermatamonserrat

The way to the Santa Cova Holy Grotto

Hermitage of la Santa Cova de Montserrat

Santa Cova grotto and chapel are located down and away from Monastery. To go there have to take funicular half way and walk to the grotto and chapel.

The cable car or the Aeri de Montserrat take you to the breath taking journey over the Llobregat River and Valley, up the mountain and right up to Montserrat Monastery. It is more than 3,000 meters up on the air!!

Funicular menuju ke Sant Joan

Selama perjalanan kami, saya tidak pernah lepas dari adik saya. Dia hamil pada waktu itu dan membawa balita yang perlu perhatian penuh. Namun waktu itu saya sangat ingin melakukan kegiatan sendiri. Saya memutuskan untuk pergi ke Sant Joan. Kami berpisah.

Saya berjalan ke Funicular Stasiun.  Sebenarnya ada dua pilihan:  Funicular Santa Cova atau Funicular Sant Joan.

Saya memilih funicular Sant Joan yang membawa ke puncak tertinggi dari Gunung Montserrat. Sejauh mata memandang adalah lembah hijau dengan bukitnya yang setajam gergaji raksasa.

Setelah funicular sampai di stasiun Sant Joan, saya berjalanan menuju salah satu rute trekking. Ada banyak rute trekking sekitar Gunung Montserrat dan The Monastery. Saya tidak punya cukup waktu jadi saya cuma berjalan naik selama setengah jam sambil menikmati pemandangan yang menakjubkan di sekitar pedesaan Catalonian. Perhentian terakhir saya tepat di salah satu bangunan kecil tempat tinggal biarawan yang menyepi.

Kemudian saya kembali menuruni bukit untuk naik funicular kembali ke biara. Sambil menunggu funicular, saya menyempatkan ke luar dari stasiun. Saya melihat sisi lain dari Gunung Montserrat. Formasi bebatuan sekeliling memiliki nama yang berbeda: The Little Mummy, The Mummy, The Cat and The Elephant. Menarik.

tiarapermatamonserrat-7

tiarapermata@monserrat

Monks’ house when they in solitaire

One of the trekking route

tiarapermatadaretodream

tiarapermata@monserrat

Funicular track down to the Abbey

Black Madonna

Begitu pintu funicular terbuka, saya bergegas kembali ke biara menuju pintu di sisi kanan Basilika. Patung Bunda Maria dan bayi Yesus terletak di belakang Basilika Montserrat, diatas altar. Beruntung antrian ke Black Madonna tidak panjang. The Black Virgin atau Black Madonna adalah santa kesayangan Catalonia.

Legenda menceritakan bahwa biarawan Benedictus tidak bisa memindahkan patung untuk memulai pembangunan biara mereka. Oleh karena itu mereka harus membangun di sekelilingnya.

Memanfaatkan antrian yang bergerak lambat, saya menikmati gaya bangunan di dalam basilika.  Ada beberapa kapel untuk menghormati St. Peter, St. Ignatius dari Loyola, St. Martin dan St Joseph Calasanctius. Kemudian antrian semakin lambat ketika mencapai tangga ke kamar sebelahnya, lokasi Virgin dari Montserrat, tempat kudus Mare Deu de Montserrat. Mezbah emas dengan patung Black Madonna duduk di atas takhta yang dipenuhi dengan mosaik Venesia.

Saya merasa damai.

Saya hanya punya waktu lima detik untuk menyentuh patung dan berdoa. Kemudian saya berjalan menuruni tangga dan pergi ke kapel yang di kaki tangga dengan gambar Bunda Allah.

Basilica of Monserrat

Middle picture: Atrium of Monastery

Black Madonna of Monserrat

tiarapermata@monserrat

The Ave Maria Path. Lit candle and pray to the Virgin Mary.

Boy Choirs  L’Escolanic

Saya sangat berharap untuk menghadiri resital ini tapi ragu karena bepergian dengan balita. Dia perlu tidur siang, makan dan istirahat. Belum lagi jauh dari Barcelona. Pillihan saya cuma naik funicular ke Sant Joan dan mengunjungi Black Madonna. Saya tidak berharap kesempatan ini tepat setelah saya mengunjungi Black Madonna.

Sekolah paduan suara L’Escolanic berbasis di biara Benediktus. Salah satu paduan suara anak laki-laki tertua di Eropa. Terdiri dari penyanyi soprano dan alto. Mereka tampil di upacara dan doa di Basilika.

Sebelum pukul satu ketika aku turun, kursi hampir terisi penuh. Saya mengambil tempat duduk di tengah. Beberapa pengunjung yang tidak mendapatkan kursi berdiri bersandar di pilar atau duduk di tangga. Tidak lama setelah itu pertunjukan dimulai. Mereka keluar dari ruang belakang altar (Sacristi) dengan jubah putih dan tangan terlipat di dalam lengan. Mereka tampak khusyuk (saya melihat beberapa dari mereka memiliki binar kejenakan).

Saya bisa melihat mereka begituuuuuu bangga dengan diri mereka. Masih bocah. Tetapi ketika mereka membuka mulut mereka … .alamak !!!.  Dua jempol. Tidak heran mereka begitu populer dan sudah merekam lebih dari 100 album. Sayang sekali tidak diperkenankan untuk mengambil gambar.

Acara yang luar biasa. Mereka bernyanyi seperti malaikat. Luar biasa. Mereka didampingi oleh Montserrat Chapel Choir (paduan suara anak yang lebih tua) dan para biarawan dari Ministry Chapel Choir.

Setelah pertunjukan selesai, saya bergegas menuju ke pintu dan lari menuju ke pelataran basilika. Untung bertemu adik saya. Kami harus kembali ke Barcelona sebelum malam tiba.

Hari yang indah. Saya melakukan semua dalam daftar saya.

Catatan:

Cerita ini berdasarkan pengalaman saya pada tahun 2012. Mungkin ada perkembangan atau perubahan sesudah cerita ini ditulis. Jika anda ingin melakukan perjalanan, carilah  informasi yang terkini.

Facebook Comments

Pos ini juga tersedia dalam bahasa: English