Ekuador, Galapagos

MALAS – MALASAN DENGAN PINK FLAMINGO

Setelah makan pagi, kami siap – siap beraktifitas. Saya tidak ikut mendaki Sierra Negra Volcano. Saya hanya mengunjungi Tortoise Breeding Centre di Arnaldo Tupiza.

Rasanya mimpi melihat kura – kura raksasa. Banyak mendengar cerita orang dan membaca dari internet, baru kali ini saya melihat langsung. Sebelum perjalanan ini saya banyak mengalami kekecewaan begitu saya melihat Giant Tortoise ini, semuanya jadi hilang. Seperti hadiah setelah bekerja keras.

 

GIANT TORTOISE IN GALAPAGOS

Galápagos tortoise is the world largest tortoise

 

BABY TORTOISE IN GALAPAGOS

Tortoises are listed as endangered and protected by the Ecuadorian government since 1970

 

GIANT TORTOISE IN GALAPAGOS

 

Hidup mereka sampai ratusan tahun, dengan cara yang simpel. Saya jadi ingat cerita masa kecil seekor kelinci yang sombong menantang kura – kura untuk balapan lari. Meski mereka lambat, kura – kura sangat cerdik. Satu saat Giant Tortoise pernah hampir punah, berkat kerja keras ranger di Galapagos dan pemerintah. Sekarang penduduk setempat berimbang 1:1 dengan Giant Tortoise. Luar biasa.

Saya terperangah melihat bagaimana cara jantan merayu betina.Bukan dengan cara seperti Romeo merayu Juliet tapi engan cara paksa: menyodok dari samping atau naik keatas punggung betina. Ampun!!. Jadi membedakan jantan dan betina gampang banget. Punggung betina banyak gesekan atau menjadi halus alias tidak ada lagi lekuk atau garis – garisnya seperti pada pejantan.

 

GIANT TORTOISE LIVE IN GALAPAGOS

Galápagos tortoises lead an uncomplicated life. They graze on grass, leaves, and cactus. Take a nap nearly 16 hours per day. They can survive up to a year without eating or drinking.

 

FOOD FOR GIANT TORTOISE IN GALAPAGOS

Poison apple – only giant tortoise can eat it

 

Menemani Pink Flamingo Tidur Siang

Sampai disini saya berpisah dengan grup. Mereka meneruskan perjalanan ke Sierra Negra Volcano. Pakee menunjuk jalan dari kayu menuju ke jalan utama. Walahhhh…lagi – lagi saya terpana dengan makhluk lain yang saya cuma lihat dari jauh di North Caicos, Turks and Caicos Island (TCI) atau di kebun binatang. Pink Flamingo.

Mereka sedang tidur siang. Saya pelan – pelan mendekat. Ketika sepatu saya terantuk lantai kayu, mereka membuka mata sebentar dan tidur lagi.  Mereka tidak beranjak atau berubah posisi tidur.  Binatang di Galapagos tidak ada yang takut dengan manusia. Malah kita sendiri yang berusaha menghindar agar tidak menyentuh mereka atau mendapat masalah.

 

PINK FLAMINGO GALAPAGOS

The American flamingo in Galapagos is the most brightly colored flamingo in the world

 

tiarapermatadaretodream

Babysitting pink flamingo while they’re sleeping

 

PINK FLAMINGO COLORS

They have gorgeous colors

 

MALAS - MALASAN DENGAN PINK FLAMINGO

 

Seluruh binatang di seluruh Archipelago Galapagos dilindungi oleh undang – undang. Salah satu naturalist guide mengatakan membunuh binatang di Galapagos hukumannya lebih berat daripada membunuh manusia. Beberapa bulan yang lalu supir bus mendapat ganjaran 7 tahun penjara dan denda ratusan dollar setelah melindas iguana.

 

MARINE IGUANA IN GALAPAGOS

Marine Iguana

 MARINE IGUANA IN GALAPAGOS

 

Facebook Comments

Pos ini juga tersedia dalam bahasa: English