Musik, New Orleans

PEMUSIK JALANAN DI NEW ORLEANS

Tidak begitu banyak berita dan kiat – kiat untuk mengunjungi Jazz Festival di internet. Saya tidak terlalu kuatir. Bagi saya yang penting saya sampai di New Orleans dan kemudian mencari tahu dimana membeli tiket pertunjukan.

Skenario terburuk tiket terjual habis atau situasi tidak memungkinkan saya cukup nongkrong di Cafe atau pub di sepanjang Bourbon Street atau mendengar musik jalanan di French Quarter. New Orleans penuh sesak dengan Jazz Band. Baik yang tradisional, big band ataupun pemusik jalanan. Saking banyaknya pengamen jalanan yang berkualitas, saya tidak sempat untuk nongkrong di cafe atau pub. Selain itu saya benar-benar ingin rileks tanpa jadwal yang baku.

Saya pikir, seperti di kota-kota lain, akan banyak iklan – iklan penyelenggaraan Jazz Festival. Namun disini tidak ada iklan, bahkan kebanyakan penduduk tidak  ambil pusing. Mungkin penduduk lokal sudah terbiasa dengan festival musik. Ketika saya bilang mau menyaksikan Jazz Festival, salah satu dari mereka bilang belum pernah mengunjungi konser itu. Dikesempatan lain, saya bertemu dengan seorang pelayan restaurant, Kitty, dia berujar,”Buat apa jauh – jauh nonton musik, disini sudah banyak musik” sambil menunjuk Bourbon Street. Lain ladang lain belalang.

 

Street Musician NOLA

Street Musician at in front of St. Louis Cathedral.

 

Street Musician plays instrument

Play his instrument while holding box under his arm

 

Brass Band NOLA

Rule to play music: the sound is not more than 80 decibels from 50 feet away. It is like standing next to an alarm clock or vacuum cleaner or being inside a noisy restaurant. •There is not a ban on the use of amplifiers

 

African Bass Harp

It’s KORA. African Bass Harp

 

New Orleans identik dengan musik jazz. Dimana – mana suara instrumen musik  berkumandang. Sepertinya sudah diatur, sekali waktu cuma satu grup yang beraksi. Tak pernah saling ‘tabrakan’. Tak berapa grup music mengakhiri aksi mereka, grup lain mulai beraksi di tempat yang sama. Seperti menonton atraksi di panggung terbuka, bedanya disini pemusik jalanan mendapat upah ala kadarnya dari kerumunan penonton.

Seperti yang saya sudah katakan diatas, pengamen di New Orleans punya kualitas bagus. Meski instrument mereka tidak prima (pemusik menekan tuts French Horn dengan obeng), mereka bermain seperti pro. Tak bosan saya menonton atau berpindah dari satu jalan ke jalan lain atau dari satu kerumunan ke kerumunan lain.

 

tiarapermatadaretodream

They can play but they have to follow the street performers code of etiquette

 

Relax and enjoy NOLA

Take time to relax and enjoy one of the great pleasures of being in New Orleans

 

Bigger band NOLA

Daytime is the best time to catch the bigger bands

 

 

Facebook Comments

Pos ini juga tersedia dalam bahasa: English