Perjalanan Darat, Reno/Sparks

DARI LAS VEGAS KE RENO

Tidak pernah membayangkan rumitnya merencanakan perjalanan dengan transportasi umum.

Saya tidak ingin pindah ke kendaraan lain beberapa kali dalam satu hari. Saya punya dua tas dan satu koper. Repot menyeret dari satu kendaraan ke yang lain.

Selain itu saya ingin pergi ke sebuah kota kecil yang banyak tersebar di seluruh California. Tapi tidak mudah menemukan sebuah kota yang sesuai dengan keinginan saya. Jika ada kota yang cocok ternyata transportasi ke kota ini cukup kompleks.

Belum lagi kendala anggaran.

Saya pantang menyerah mencari di internet. Akhirnya saya pergi ke Reno. Sebuah kota kecil yang indah yang sarat dengan sejarah. Belum lagi dikelilingi oleh kota-kota pertambangan kecil di sekitarnya. Pasti menarik menelusuri satu per satu.

Saya memesan bus greyhound online. Bis meninggalkan Las Vegas pada 08:35. Tapi saya  harus datang lebih awal untuk mencetak tiket dari mesin seperti ATM.

Ternyata saya tidak pergi ke Reno dengan bus Greyhound. Setelah memesan tiket, saya baru tahu bahwa saya pergi ke Reno dengan Silverado Bus. Penumpang harus membawa barang-barang mereka sendiri ke dalam ruang bagasi dibawah bis.

Beda Greyhound dengan Megabus, Greyhound memiliki terminal sendiri. Penumpang bisa duduk dan menunggu di dalam. Hangat dan kering. Namun saya senang bahwa cuaca cerah hari ini.

Hari yang indah untuk hari yang baik.

Pada awalnya saya tidak yakin apakah saya harus membayar $ 15 untuk membawa dua tas. Saya siap untuk membayar jika mereka meminta pembayaran kelebihan tas. Ternyata tidak perlu. Ada beberapa penumpang yang membawa tas besar dan lebih dari dua. Staf Greyhound tidak mengatakan apa-apa, mereka dengan sigap dan efisien mengangkat ke dalam ruang bagasi.

Bis Silverado lebih baik dari apa yang saya harapkan. Sepertinya bis baru. Kursi bersih dan stainless steel yang mengkilap. Bis tertunda 45 menit. Penumpang diminta untuk antri sebelum bus datang.

Perjalanan dari Las Vegas ke Reno berjalan lancar. Lalu lintas lengang. Bus hanya seperempat penuh. Penumpang dapat memilih tempat duduk mereka sendiri. Saya bisa pindah ke sisi lain ketika matahari mulai silau. Sopir bis senang bercanda dengan penumpang selama perjalanan.

Lega rasanya meninggalkan Las Vegas.

Saya tidak bisa mengatakan mengapa saya punya perasaan tidak nyaman di sana. Mungkin gurun dan ruang terbuka yang membuat saya tidak nyaman. Mungkin juga karena tidak ada pohon, bunga, rumput atau bahkan semak-semak. Mungkin hanya kombinasi warna cokelat tanah dan langit biru saja. Tidak tahu kenapa.

Beberapa orang yang saya temui mereka mengatakan mereka mencintai Las Vegas dengan berbagai macam ilustrasi. Bahkan seseorang mengatakan kepada saya Las Vegas adalah kota untuk pecundang. Apakah benar??. Padahal dia telah tinggal di sana sejak tahun 1990-an. Aneh.

Pokoknya saya menanti-nantikan menghabiskan waktu tenang di Reno.

Pemandangan berubah secara bertahap dari Las Vegas ke Reno. Awalnya gurun, batu, rumput kering dan tanah kosong. Kemudian berubah dari kering menjadi hijau. Kota tua kecil yang tersebar di sana-sini.

 

Beatty 

Diucapkan BAY-dee. Namanya berasal dari nama seorang peternak dari Iowa Montilus Murray Beatty. Kota gurun yang indah terletak di Amargosa lembah Sungai. Kota terdekat ke Death Valley National Park. Sekitar setengah jam perjalanan dari dasar lembah.

 

tiarapermata@triptoreno

 

tiarapermata@triptoreno

 

tiarapermata@triptoreno

 

tiarapermata@triptoreno

 

tiarapermata@triptoreno

Joshua Trees.

 

tiarapermata@triptoreno

 

tiarapermata@triptoreno

 

Tonopah

Pertengahan antara Reno dan Las Vegas.Tonopah adalah sebuah kota pertambangan yang bersejarah. Pertambangan booming pada tahun 1900 dengan ditemukannya emas dan perak. Tonopah menjadi tempat yang paling menarik di malam hari untuk melihat bintang-bintang. Kota ini terkenal dengan taman pertambangan dan memiliki toko-toko yang unik.

 

tiarapermata@triptoreno

 

tiarapermata@triptoreno

 

tiarapermata@triptoreno

 

tiarapermata@triptoreno

 

Hawthorne

Hawthorne terletak di jalan raya utama antara Las Vegas-Reno. Gerbang Nevada ke Taman Nasional Yosemite. Dengan pemandangan Grant Mountain dan Lake Walker, akhirnya saya merasa dikelilingi oleh pohon-pohon hijau dan langit biru. Benar-benar pemandangan yang mengagumkan dan mengundang inspirasi.

Lake Walker adalah sebuah danau alami yang hanya memiliki outlet alami seperti  penyerapan dan penguapan. Danau ini sekarang sekarat dan perlu diselamatkan.

 

tiarapermata@triptoreno

 

tiarapermata@triptoreno

 

tiarapermata@triptoreno

 

tiarapermata@triptoreno

 

Bis berhenti beberapa kali. Kesempatan untuk pergi kamar kecil atau untuk membeli makan siang. Pada kesempatan lain saya hanya berjalan-jalan dan meregangkan kaki mereka.

Sebelum 18:00 bus mencapai Reno dengan pemberhentian terakhir di The Greyhound Terminal. 

 

Facebook Comments

Pos ini juga tersedia dalam bahasa: English